Yuk Kenali Seluk-Beluk Jasa Sablon Kaos DTG

dtg-process

Jasa sablon kaos menyediakan beragam opsi menarik demi penuhi kebutuhan utama konsumen. Saat ini ada tiga teknik menyablon yang ditawarkan, yakni: manual, digital dan Sablon Kaos DTG. Teknik paling terakhir sedang digemari karena menyimpan berbagai keunggulan sekaligus menutupi kekurangan dua teknik sebelumnya.

Apa itu sablon kaos DTG?

Direct To Garment (DTG) merupakan teknik menyablon dengan memakai sebuah printer khusus yang mempermudah tinta tercetak langsung ke kain kaos. Jenis tinta yang digunakan tak seperti tinta teknik sablon lainnya, manual dan digital. Beberapa kalangan menyebutnya ‘tinta tekstil’ karena dapat tercetak rapi ke kaos dalam waktu singkat.

DTG sangat mengandalkan printer khusus untuk proses produksi. Printer tersebut merupakan mesin cetak yang dirancang sedemikian rupa agar tinta terukir langsung ke garmen (kain) melalui dua proses. Hasil cetakan bagus jika melewati proses pre-treatment terlebih dahulu kemudian diakhiri proses heatpress. Karena memakai tinta khusus untuk kain jadi tak perlu khawatir luntur.

Printer DTG dapat mencetak gambar sablon apa saja, entah itu foto/gambar biasa, olahan photoshop hingga desain vektor. Semuanya bisa tercetak langsung dengan kualitas resolusi tinggi ke kain kaos jenis katun (cotton) carded atau combed. Bukan hanya kain katun saja, printer juga dibekali kemampuan cetak di kain satin, kain TC hingga kain handuk.

Teknik menyablon ala DTG sangat menguntungkan konsumen. Mereka bebas pesan tanpa batasan jumlah, artinya memesan satuan pun akan dilayani. Selain itu bebas menentukan desain tanpa kendala batasan warna, bisa dikatakan sangat berbeda jika konsumen memilih teknik sablon manual dan digital.

Mengapa pilih sablon kaos DTG?

Banyak cara untuk menyablon kaos, mulai dari manual hingga sentuhan teknologi modern seperti DTG. Konsumen yang mengincar hasil cetakan berkualitas tinggi disarankan memilih teknik ini. Beberapa jasa rela tanggalkan teknik manual untuk berinvestasi membeli printer khusus yang menunjang DTG. Sekarang ini sudah banyak vendor t-shirt luar negeri yang memakainya, malah sebagian besar merek-merek ternama dunia.

Apa perbedaan sablon kaos DTG & digital?

Salah satu teknik menyablon selain manual dan DTG adalah digital. Teknik tersebut sama-sama mengusung teknologi modern tapi dari segi kualitas sangat berbeda jauh. Hasil cetakan sablon digital mudah terkelupas karena gambar/foto tidak tercetak langsung ke kain kaos. Hal ini dikarenakan gambar harus di-transfer ke kertas khusus terlebih dahulu kemudian di-press ke kaos.

Berbeda dengan DTG dimana gambar/foto langsung tercetak ke kain kaos secara permanen. Hasil cetakan tidak akan mengelupas atau rusak meski sering dicuci bolak-balik dengan mesin sekalipun. Warna pun tidak mudah memudar alias selalu awet dalam jangka waktu lama.

Berapa lama proses pengerjaan sablon kaos DTG?

Proses pengerjaan sablon kaos DTG jauh lebih singkat dibanding manual atau digital. Jika suatu jasa tidak banyak pesanan, proses pengerjaan hanya memakan waktu kurang dari 15 menit. Mesin printer akan mencetak gambar ke kain kaos sesuai tampilan desain dan pilihan warna, konsumen bisa langsung memakainya pada saat itu juga. Jika suatu jasa sedang ramai orderan, biasanya memakan waktu 3-4 hari kerja tergantung jumlah pesanan.

 Dapat diartikan bahwa Sablon kaos DTG adalah pilihan terbaik bagi konsumen yang mengincar proses pengerjaan singkat dan kualitas nomer satu. Cetakan tak mudah rusak atau terkelupas adalah salah satu daya tarik yang membuatnya lebih baik dari teknik lain. Bicara soal harga hanya beda tipis dari manual dan digital.

Sumber: http://sablonkaosrockstar.com