Mengenal Cairan Pre-Treatment Untuk Printer DTG

Dalam proses sablon kaos satuan, cairan pre-treatment adalah cairan yang digunakan untuk melapisi kaos, agar tinta putih dapat menempel pada kaos. Tinta ini mempunyai sifat yang tidak meresap dan cenderung menjadi keras diatas tinta tekstil. Karena itulah penggunaannya harus hati-hati dan pada saat melakukan penyemprotan treatmen, head print Anda tidak boleh terkena semprotan dari treatment karena bisa menyebabkan headprint menjadi buntu.

Ketika mencetak sablon kaos satuan dengan tinta putih untuk kaos warna gelap, hal penting yang harus diperhatikan adalah Anda tidak boleh menyemprotkan cairan ini dekat dengan printer. Penggunaan cairan pre-treatment harus dilakukan di ruangan terpisah. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya overspray. Pastikan kaos Anda benar-benar dalam keadaan kering saat setelah dilakukan treatment.

pre-treatment

Sebelum dan setelah melakukan penyemprotan cairan pre-treatment kaos harus di-press dengan menggunakan mesin press yang panasnya 165 derajat hingga 15 detik. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kelembaban di sela-sela kaos, mengeringkan cairan pre-treament, serta untuk merapikan lipatan-lipatan kain. Setelag melakukan penyemprotan dengan tinta pre-treatment, jangan sampai melakukan pengepresan terlalu lama Hal ini akan menyebabkan tinta pre-treatment terlalu keras dan akan membuat kaos anda menjadi keras sehingga mudah sobek. Kasus ini banyak terjadi untuk kaos berbahan katun.

Saat ini sangat banyak beredar cairan pre-treatment untuk DTG, mulai dari yang impor sampai buatan lokal. Harganya berkisar antara Rp 100.000 sampai Rp 250.000 per 100 ml. Tergantung dari kualitas masing-masing. Apapun cairan pre-treatment yang anda pakai, pastikan untuk menggunakannya dengan cara yang benar.

Sumber: http://rockstarclothing.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.