Apa Itu Printer DTG ?

Teknologi memang diciptakan untuk membantu manusia, mempermudah pekerjaan manusia. Salah satu bidang  teknologi yang juga mengalami perkembangan yang pesat adalah perkembangan teknologi pada mesin cetak. Dalam dunia sablon kaos atau cetak kaos, kehadiran digital printing memang sangat membantu. Prosesnya yang cepat dan instant, memudahkan siapapun yang tidak memiliki banyak waktu untuk menunggu di tukang sablon kaos manual.

Teknologi digital printing untuk cetak kaos sendiri berkembang pesat. Awalnya teknologi ini dikuasai oleh teknis transfer paper. Caranya adalah printer mencetak gambar pada kertas khusus yang disebut transfer paper, lalu gambar pada kertas dipindahkan ke kaos dengan teknis hot press menggunakan mesin press. Metode ini memiliki banyak kelemahan antara lain ketidakpraktisan dalam proses pembuatan serta mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli material transfer paper.

Teknologi terbaru dari seni sablon kaos adalah munculnya mesin printer Direct to Garment atau lebih populer disebut sebagai DTG. Apa itu DTG? DTG merupakan teknologi cetak terbaru, di mana kini, sablon dapat dilakukan sangat mudah, seperti hanya melakukan pencetakan dengan printer. Ya, mesin DTG ini secara langsung mampu melakukan pencetakan di atas kaos yang hendak disablon. Tanpa menggunakan transfer paper. Bahasa awamnya, DTG ini adalah mesin printer untuk kaos.

printer-dtg

Bagaimana bisa pencetakan langsung dilakukan di atas kaos? Teknologi DTG ini didukung dengan sistem komputer sebagai cara pengoperasiannya. Sistemnya sama persis seperti printer kertas, namun media kertas digantikan oleh kaos. Sebagian besar printer DTG yang beredar di pasaran adalah printer kertas yang dimodifikasi menjadi printer kaos. Dengan dibantu software khusus, printer DTG ini mampu mengolah desain yang telah dibuat pada komputer, dan secara langsung mencetaknya di atas kain kaos. Melalui teknologi DTG ini, cetak kaos jauh menjadi lebih mudah.

Teknologi ini memiliki kelebihan dan juga kelemahan. Kelebihannya tentu saja, mesin ini sangat tepat jika digunakan pada usaha sablon dalam skala kecil, atau bahkan sablon kaos satuan. Mesin DTG mampu mencetak beragam desain tanpa batasan warna, secara cepat dan instan. Dengan mesin ini, setiap orang, dapat langsung mencetak desain ke dalam media kaos.

Kelemahan mesin ini adalah tidak bisa diterapkan dalam skala usaha besar dengan produksi massal. Untuk mencetak sebuah desain, mesin ini tidak dapat dilakukan secara cepat dan harus dicetak satu persatu. Berbeda dengan sablon manual yang dapat menghasilkan sablon yang cepat dalam skala besar, dengan kecepatan cetak yang lebih cepat meski dikerjakan secara manual.

Meski begitu, teknologi DTG ini sangat memudahkan para pemula yang hendak menerjuni bisnis cetak kaos. Mesin ini mempermudah pekerjaan karena sifatnya yang instant. Cukup menyiapkan desain dan mencetaknya. Tak perlu menyiapkan plat, screen, menunggu sablon kering dan lain sebagainya seperti pada sablon manual.

Sumber: http://rockstarclothing.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.